Janganlah Berbuat Jahat, Perbanyak Kebajikan, Sucikan Hati dan Pikiran, Inilah Ajaran Para Buddha >>>>> Sebutan Yang Paling Indah Adalah Buddha, Kata-kata Yang Paling Merdu Adalah Paritta, Media Yang Paling Baik Adalah Tipitaka, Senam Paling Sehat Adalah Puja, Diet Paling Sempurna Adalah Athasila, Perjalanan Paling Indah Adalah Menjadi Bikkhu, Khayalan Paling Indah Adalah Ingat Kamma<<<<<

.

Empat Macam Kebahagiaan

Inilah empat jenis kebahagiaan yang dibabarkan oleh Sang Buddha kepada Anathapindika yang terdapat dalam Anguttara Nikaya, Suttanta Pitaka.

1. Atti Sukkha
Merasa puas dengan apa yang dimiliki adalah kebahagiaan, jadi berusahalah merasa puas dengan apapun yang anda miliki. Beberapa orang merasa selalu kurang puas dengan apa yang sudah ia miliki, mungkin ia merasa rumahnya sederhana lalu menggantinya dengan rumah yang mewah, lalu melihat TV nya yang sudah lama dan menggantinya dengan yang baru meski TV yang lama masih bisa dipakai.
Jika anda merasa cukup uang, hal ini bukan masalah tapi masalahnya bagaimana jika anda tidak cukup???. Anda berhutang, dan karena anda berhutang itu anda harus bekerja lebih keras lagi untuk membayar hutang tersebut. Hal ini sangat melelahkan, jadi BERUSAHALAH PUAS DENGAN YANG ANDA MILIKI.

2. Pariboga Sukkha
Menggunakan dan memakai apa yang kita miliki adalah kebahagiaan. Jika anda tidak menggunakan apa yang kita miliki bagaimana kita merasa bahagia??. Sebagian orang yang sibuk tidak memiliki waktu untuk sekedar menonton TV yang dimiliki, atau duduk di sofa sambil menikmati malam bersama keluarga, atau sekedar mellihat pekarangan rumah yang cukup indah dengan bunga-bunga yang ditanam. Pulang bekerja langsung tidur karena merasa kelelahan bekerja lebih keras demi membayar hutang. Kita tidak sempat menikmati apa yang sudah kita miliki, bagaimana kita bisa merasa bahagia??

3. Ananneya Sukkha
Tidak mempunyai hutang adalah kebahagiaan. Meminjam uang untuk hal-hal yang tidak terlalu penting atau membeli barang dengan cara kredit akan membuat anda merasa pusing saat membayarnya. Pada tahun 1999 Sayadaw memberikan ceramah ini di Amerika dan semua orang mentertawakannya karena disana hampir semua orang berhutang. Tetapi sekarang karena ada krisis finansial, ceramah Sayadaw telah terbukti bahwa mereka yang berhutang akan merasa terbebani dengan hutang tersebut.

4. Anavaja Sukkha
Yakni kebahagiaan yang timbul karena terrbebas dari kejahatan (perbuatan jahat, pikiran jahat, ucapan jahat).Kebahagiaan ini berhubungan dengan pelaksanaan Pancasila Buddhis, dan lebih jauh lagi pengembangan tiga tahap dari Sila (Moralitas), Samadhi (Konsentrasi) dan Panna (Kebijaksanaan).

Semoga kita mendapatkan empat macam kebahagiaan tersebut, terutama yang keempat. Berusahalah melatih Sila, Samadhi dan Panna hingga memcapai kebahagiaan tertinggi yaitu Nibbana..... Sadhu Sadhu Sadhu

Artikel Terkait



Bendera

Bendera

Tukang Taman

PENGUMUMAN

1. Perubahan Rekening Dana
Bagi umat yang ingin berdana harap menghubungi Admin terlebih dahulu karena ada perubahan Nomor Rekening. Hubungi Admin di 0813 1030 7553

2. Tentang Iklan
Kami tidak bertanggung atas segala bentuk iklan, isi konten dalam iklan, dll. Kami hanya menyediakan tempat untuk pengiklan dan kami tidak mengetahui isi iklan karena yang memasang iklan adalah pihak ketiga.

Aneka Bisnis

Populer

Menjadi Teman Saya

 
Powered by Blogger.com | 2008 Copyright Pemuda Buddhist Indonesia All Reserved Cah Semarang Weblog | E-mail: ari.complex@yahoo.co.id