Janganlah Berbuat Jahat, Perbanyak Kebajikan, Sucikan Hati dan Pikiran, Inilah Ajaran Para Buddha >>>>> Sebutan Yang Paling Indah Adalah Buddha, Kata-kata Yang Paling Merdu Adalah Paritta, Media Yang Paling Baik Adalah Tipitaka, Senam Paling Sehat Adalah Puja, Diet Paling Sempurna Adalah Athasila, Perjalanan Paling Indah Adalah Menjadi Bikkhu, Khayalan Paling Indah Adalah Ingat Kamma<<<<<

.

Nava Puja (Cara Melaksanakan Puja)

NAVA PUJA


Vandana
Penghormatan

  1. Namo tassa bhagavato arahato samma Sambuddhassa
    Terpujilah Sang Bhagava, Yang Maha Suci Yang Telah Mencapai Penerangan Sempurna.

Tisarana
Penghormatan

  1. Buddham saranam gacchami
    Dhammam saranam gacchami
    Sangham saranam gacchami

    Saya berlindung pada Buddha
    Saya berlindung pada Dhamma
    Saya berlindung pada Sangha

    Dutiyampi Buddham saranam gacchami
    Dutiyampi Dhammam saranam gacchami
    Dutiyampi Sangham saranam gacchami

    Untuk ke dua kalinya saya berlindung pada Buddha
    Untuk ke dua kalinya saya berlindung pada Dhamma
    Untuk ke dua kalinya saya berlindung pada Sangha

    Tatiyampi Buddham saranam gacchami
    Tatiyampi Dhammam saranam gacchami
    Tatiyampi Sangham saranam gacchami

    Untuk ke tiga kalinya saya berlindung pada Buddha
    Untuk ke tiga kalinya saya berlindung pada Dhamma
    Untuk ke tiga kalinya saya berlindung pada Sangha

Pañca Sila
Lima Pantangan
  1. Panatipata veramani sikkhapadam samadiyami
    Saya berjanji menghindari pembunuhan

    Sabbesu panabhutesu hitasukhataya patipanno bhavami
    Saya akan mengusahakan kesejahteraan dan kebahagiaan semua makhluk

    Adinnadana veramani sikkhapadam samadiyami
    Saya berjanji menghindari pencurian

    Muttacago payatapani danasamvibhagarato bhavami
    Saya akan bermurah-hati, menolong dan bergembira dengan berbagi

    Kamesu miccha cara veramani sikkhapadam samadiyami
    Saya berjanji menghindari perilaku seksual yang salah

    Ajjhattam c'eva bahiddha ca suddham kayam pariharami
    Saya akan senantiasa menjaga kesucian raga saya

    Musavada veramani sikkhapadam samadiyami
    Saya berjanji menghindari kebohongan

    Sacco mudu sanhavaco kalyanavakkarano bhavami
    Saya akan berbicarakan kebenaran, bertutur-kata baik dan mulia

    Surameraya-majja-pamadatthana veramani sikkhapadam samadiyami
    Saya berjanji menghindari minuman dan bahan yang memabukkan

    Suddham cittam suppabuddham anavilam pariharami
    Saya akan menjaga batin, agar tetap murni, waspada dan sadar

    Kittisadda
    Pujian pada Sang Buddha

Kittisadda
Pujian pada Sang Buddha
  1. A. Iti pi so Bhagava araham samma
    Sambuddho vijjacaranasampanno
    sugato lokavidu anuttaro
    purisadammasarathisattha
    devamanussanam Buddho
    bhagavati.

    Demikianlah Sang Bhagava, Yang maha suci, Yang telah mencapai penerangan sempurna, sempurna pengetahuan serta tindak tandukNya, sempurna menempuh Jalan. Pengenal segenap alam, pembimbing manusia yang tiada taranya, Guru para dewa dan manusia, Yang sadar, Yang patut dimuliakan.

  1. B. Ye ca buddha atita ca
    ye ca Buddha anagata
    paccupanna ca ye Buddha
    aham vandami sabbada

    Kepada Buddha-Buddha dimasa silam,
    Kepada Buddha-Buddha yang akan datang,
    Kepada Buddha-Buddha dimasa sekarang,
    Dengan hormat saya memuja-Nya

    Natthi me saranam aññam
    buddho me saranam varam
    etena sacra vajjena
    hotu me jaya mangalam

    Tiada perlindungan lain, bagiku
    Sang Buddha-lah sesungguhnya pelindungku
    Berkat kesungguhan pernyataan ini
    Semoga anda selamat sejahtera

    buddham jivita pariantam
    saranam gacchami

    Hingga akhir hayatku
    Sang Buddha-lah pelindung tertinggiku.

Pujian pada Dhamma

  1. C. Svakkhato bhagavata dhammo
    sanditthiko, akaliko, ehipasiko,
    opanayiko, paccatam veditabbo
    viññuhiti

    Dhamma Sang Bhagava telah sempurna dibabarkan; tampak seketika, tak lapuk oleh waktu, mengundang untuk dibuktikan; menuntun kedalam batin, dapat diselami oleh para bijaksana dalam batin masing-masing.

  1. D. Ye ca dhamma atita ca
    ye ca dhamma anagata
    paccupanna ca ye dhamma
    aham vandami sabbada

    Kepada Dhamma-Dhamma dimasa silam,
    Kepada Dhamma-Dhamma yang akan datang,
    Kepada Dhamma-Dhamma dimasa sekarang,
    Dengan hormat saya memuja-Nya

    Natthi me saranam aññam
    dhammo me saranam varam
    etena sacca vajjena
    hotu me jaya mangalam

    Tiada perlindungan lain bagiku
    Dhamma-lah sesungguhnya pelindungku
    Berkat kesungguhan pernyataan ini
    Semoga anda selamat sejahtera

    Dhammam jivita parinatam
    saranam gacchami

    Hingga akhir hayatku
    Dhamma-lah pelindung tertinggiku.

Pujian pada Sangha

  1. E. Supatipanno bhagavato savakasangho,
    ujupatipanno bhagavato savakasangho,
    ñayapatipanno bhagavato savakasangho,
    samici patipanno bhagavato savakasangho,
    yadidam cattari purisayugani
    atthapurisa puggala, esa bhagavato
    savakasangho, ahuneyyo, pahuneyyo,
    dakkhineyyo, añjalikaraniyo
    anuttaram puññakkhettam lokassati

    Sangha siswa Sang Bhagava telah berperilaku baik,
    Sangha siswa Sang Bhagava telah berperilaku lurus,
    Sangha siswa Sang Bhagava telah berperilaku benar,
    Sangha siswa Sang Bhagava telah berperilaku patut,
    Mereka adalah empat pasang makhluk terdiri dari delapan jenis makhluk suci. Itulah Sangha siswa Sang Bhagava; Patut menerima pemberian, pernaungan, persembahan serta penghormatan (dengan anjali). Mereka adalah tempat menanam jasa serta sumber kebajikan yang tiada taranya didunia ini.

  1. F. Ye ca sangha atita ca
    ye ca sangha anagata
    pacuppanna ca ye sangha
    aham vandami sabbada

    Kepada Sangha-Sangha dimasa silam,
    Kepada Sangha-Sangha yang akan datang,
    Kepada Sangha-Sangha dimasa sekarang,
    Dengan hormat saya memuja-Nya

    Natthi me saranam aññam
    sangho me saranam varam
    etena sacca vajena
    hotu me jaya mangalam

    Tiada perlindungan lain bagiku
    Sangha-lah sesungguhnya pelindungku
    Berkat kesungguhan pernyataan ini
    Semoga anda selamat sejahtera

    Sangham jivita parinatam
    saranam gacchami

    Hingga akhir hayatku
    Dhamma-lah pelindung tertinggiku.

Puja
Persembahan Utama
  1. Ghana sarappa dittena
    dipena tamadhamsina
    tiloka dipam sambuddham
    pujayami tamonudam

    Dengan lilin-lilin yang menyala
    Melenyapkan segala kegelapan,
    Saya menyembah Sang Buddha Tercerahi,
    Cahaya dari tiga dunia

    Imaya dipapujaya
    maggo hotu hato tamo
    cittañ 'ca me sada hotu
    parisuddham pabhassaram

    Dengan mempersembahkan lilin-lilin ini,
    Semoga jalan terbebas dari kegelapan
    Serta semoga hati dan pikiranku
    Senantiasa murni dan suci.

    Vanna gandha gunopetam
    etam kusuma santatim
    pujayami munidassa
    siripada saroruhe.

    Saya mempersembahkan bunga-bunga ini,
    Segar, harum dan indah,
    Di kaki-teratai Sang Buddha.

    Imaya pupphapujaya
    saccam patilabham 'aham
    patividdham aniccattam
    tanha bhandhana chedanam

    Dengan mempersembahkan bunga-bunga ini,
    semoga saya menyadari kebenaran dari ketakkekalan
    yang akan menghancurkan keserakahan
    Serta memutuskan semua ikatan

Gandha sambhara yuttena
dhupena 'ham sugandhina
pujaye pujaneyyam tam
puja bhajana muttamam

Oleh harumnya dupa ini
dibuat dari bahan-bahan terpilih
Saya memuja Yang Tertinggi
yang patut dihormati dan dihargai

Sugandhikaya pujaye
kata 'yetam tathagate
silangandho 'va sabbesam
sada sabbattha vayatu

Dengan mempersembahkan keharuman ini
yang disiapkan bagi Tathagata,
Semoga keharuman kebajikan
tersebar selamanya dan kemana-mana

Persembahan khusus

  1. Pujemi suddham sambuddham
    bhojanam parikappitam
    nicchata suhita hontu
    bhojana sabbapanino

Dengan mempersembahkan makanan ini
yang bersih dan dipersiapkan dengan baik
Kepada Sang Buddha yang Tercerahi
Semoga semua makhluk mendapatkan makanan
serta kelaparan teratasi

Parisuddham sitalam yam tam
paniyam pujitam maya
pavahetu mala sabbe
cittesu sabba paninam

Dengan mempersembahkan air ini
segar, bersih dan dingin
Semoga semua makhluk
tercuci bersih dari kotoran batin

Pujemi panam bhesajam
rogapaharanam imam
santa ajjhattika roga
sukhino hontu panino

Dengan mempersembahkan obat-obatan
yang dapat menyembuhkan penyakit-penyakit ini
Semoga semua makhluk tersembuhkan
serta hidup dengan kesehatan yang sempurna

Visuddhi
Pemurnian

  1. Kayena vaca cittena
    pamadena maya katam
    accayam khama me bhante
    bhuripañña tathagata

Bila, dengan tindakan, ucapan dan pikiran
saya dengan tidak berhati-hati telah berbuat salah
Semoga saya dimaafkan
Oh, Tathagatha yang penuh kebijaksanaan

Accayam me katam Buddha
yam tam avikaromi te
anavatam asallinam
suddaham bhavatu me manam

Dengan menyadari kesalahan-kesalahanku
Tulus dan terbuka
Didepan Sang Buddha yang amat bijaksana,
Semoga batinku senantiasa murni

Kayena vaca cittena
yam parena katam agham
khamami 'dani tam sabbam
samma sambuddha sammukha

Bila, dengan tindakan, ucapan dan pikiran
orang-lain telah berbuat salah pada saya
Saya memaafkan kesemuanya itu
Didepan Sang Buddha Yang Tercerahi

So 'ham khamami niddukkha
khemino viharantu te
purentu mama sankappa
mettaya ka.runaya ca

Berkat kesiapanku untuk memaafkan semuanya itu
Semoga mereka selamat dan bebas dari penyesalan,
Serta semoga pikiran-pikiranku
Terpenuhi dengan cinta-kasih dan kasih-sayang

Kayena vaca cittena
yam katam sukatam maya
anumodayami aññesam
samma sambuddha sammukha

Bila, dengan tindakan, ucapan dan pikiran
saya telah berbuat baik bagi orang-lain
saya dengan bahagia berbagi jasa pada semuanya
Didepan Sang Buddha Yang Tercerahi

Modami nata citto 'ham
puññena sukatena me
tath 'eva panino sabbe
adhigacchantu tam sukham

Dengan batin yang terbebas dari keangkuhan
Saya bergembira didalam kebajikan-kebajikanku
Berharap semua makhluk dimanapun berada
Dapat pula menikmati kebahagiaanku ini.

Anumodana
Berbagi Jasa

  1. Ettavata ca amhehi
    sambhatam puñña-sampadam
    sabbe deva anumodantu
    sabba sampatti siddhiya

Sebanyak kami telah
Mencapai dan mengumpulkan jasa
Semoga semua dewa turut bergembira
Agar mendapat keberuntungan dan kesejahteraan

Ettavata ca amhehi
sambhatam puñña-sampadam
sabbe bhuta anumodantu
sabba sampatti siddhiya

Sebanyak kami telah
Mencapai dan mengumpulkan jasa
Semoga semua makhluk halus turut bergembira
Agar mendapat keberuntungan dan kesejahteraan

Ettavata ca amhehi
sambhatam puñña-sampadam
sabbe satta anumodantu
sabba sampatti siddhiya

Sebanyak kami telah
Mencapai dan mengumpulkan jasa
Semoga semua makhluk hidup turut bergembira
Agar mendapat keberuntungan dan kesejahteraan

Sadhu! Sadhu! Sadhu!
Berbahagialah! Berbahagialah! Berbahagialah!

Artikel Terkait



Bendera

Bendera

Tukang Taman

PENGUMUMAN

1. Perubahan Rekening Dana
Bagi umat yang ingin berdana harap menghubungi Admin terlebih dahulu karena ada perubahan Nomor Rekening. Hubungi Admin di 0813 1030 7553

2. Tentang Iklan
Kami tidak bertanggung atas segala bentuk iklan, isi konten dalam iklan, dll. Kami hanya menyediakan tempat untuk pengiklan dan kami tidak mengetahui isi iklan karena yang memasang iklan adalah pihak ketiga.

Aneka Bisnis

Populer

Menjadi Teman Saya

 
Powered by Blogger.com | 2008 Copyright Pemuda Buddhist Indonesia All Reserved Cah Semarang Weblog | E-mail: ari.complex@yahoo.co.id