Janganlah Berbuat Jahat, Perbanyak Kebajikan, Sucikan Hati dan Pikiran, Inilah Ajaran Para Buddha >>>>> Sebutan Yang Paling Indah Adalah Buddha, Kata-kata Yang Paling Merdu Adalah Paritta, Media Yang Paling Baik Adalah Tipitaka, Senam Paling Sehat Adalah Puja, Diet Paling Sempurna Adalah Athasila, Perjalanan Paling Indah Adalah Menjadi Bikkhu, Khayalan Paling Indah Adalah Ingat Kamma<<<<<

.

Kedamaian Dalam Buddhit

Beberapa tahun belakangan ini, kehidupan bangsa dan negara kita mengalami ketidakpastian dan kekerasan yang terjadi dimana-mana. Negara yang dulu terkenal penuh kedamaian, ketenangan, keramahan dan sikap saling hormat menghormati satu sama lain. Negara kita, Indonesia , terkenal akan keramahannya yang merupakan warisan luhur nenek moyang yang tak ternilai, namun saat ini semua itu lenyap tidak berbekas. Konsumerisme yang menghantam semua sisi kehidupan dan materialisme telah memunculkan masyarakat yang tidak peka terhadap keadaan dan cenderung hanya memikirkan keuntungan diri sendiri. Meskipun kita tidak juga sepenuh dapat menyalahkan konsumerisme dan materialisme tersebut, jika setiap individu mempunyai filter diri yang baik. Korupsi merajalela, penyalahgunaan kekuasaan, dan kekerasan terjadi dimana-mana, bahkan alam pun menjadi tidak ramah lagi. Ada apa dengan bangsa ini ? Tentu semua orang bertanya, kenapa perubahan yang terjadi begitu drastis!

Apalagi situasi akhir-akhir ini setelah kita melewati pemil Legislatif, keributan dimana-mana, kericuhan disana-sini, semua yang yang tidak sependapat akan dianggap musuh dan selalu berujung dengan kericuhan. Semua orang berkelakuan seolah-olah tidak pernah mengenyam dunia pendidikan padahal meraka yang berlaku seperti itu adalah orang-orang yang mempunyai kedudukan yang lebih tinggi dari orang biasa, baik dari segi materi, kedudukan maupun segi pendidikan. Namun kenyataanya itu semua tidak bisa mencegah mereka berbuat yang memalukan.

Jika anda sering menyimak acara berita yang ditayangkan stasiun tv, setiap jam kita dapat mendengar berita mengenai hal-hal yang kurang enak didengar. Mulai dari orang yang stress lah (katanya seh gagal nyaleg), tawuran lah, yang berantem lah, yang demo lah, yang bentrok lah, seolah-olah aparat yang ada sudah tidak mampu mengatasi berbagai kondisi tersebut (ya iyalah lho wong pejabat2 negara aja banyak yang berbuat tidak bener, gimana mau ngurusin rakyat) ssssttttt.

Satu hal yang berubah adalah cara pandang atau filosofi kehidupan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai keagamaan. Nilai agama bukan hanya sekedar dalam ayat-ayat suci sebuah kitab suci atau sutra saja, namun nilai ini harus mengakar dan menjadi “Way of Life” dari setiap pemeluknya. Kita sebagai seorang Buddhis, tentu saja dapat melihat semua ini dengan lebih jernih dan mendalam. Semua kejadian ada sebab maka ada akibat. Kehidupan negara yang demikian sulit juga karena sebab-sebab yang kita buat sendiri. Kita melupakan rasa toleransi, welas asih, menghargai dan menghormati antara sesama manusia hanya untuk mengejar kesenangan pribadi. Inilah dinamakan kesesatan pandangan, ya ! negara kita sedang berada dalam kesesatan pandangan. Pandangan yang menempakan nilai-nilai konsumerisme dan materialisme, telah membelokkan sisi-sisi kemanusiaan kita yang hakiki .

Orang-orang lebih senang menggunakan kekerasan dalam menyelesaikan persoalan. Penyelesaian dengan melandaskan kebencian, ketidaksenangan dan ketidakpuasan selalu akan memicu persoalan baru dikemudian hari. Buddhisme menentang segala kekerasan dan kebencian, karena pada dasarnya kebencian hanya akan menghasilkan kebencian baru. Demikian seterusnya tidak akan selesai.Kita diharuskan menjaga nilai-nilai agama dan mengedepankan moral. Dengan tiga sikap berikut diharapkan semua orang bisa mengendalikan diri.

1. Memahami Nilai-nilai Kehidupan

2. Berusaha Mengakhiri Kekerasan

3. Menciptakan Perdamaian dan Keadilan


Kembali ke Daftar Isi



Artikel Terkait



Bendera

Bendera

Tukang Taman

PENGUMUMAN

1. Perubahan Rekening Dana
Bagi umat yang ingin berdana harap menghubungi Admin terlebih dahulu karena ada perubahan Nomor Rekening. Hubungi Admin di 0813 1030 7553

2. Tentang Iklan
Kami tidak bertanggung atas segala bentuk iklan, isi konten dalam iklan, dll. Kami hanya menyediakan tempat untuk pengiklan dan kami tidak mengetahui isi iklan karena yang memasang iklan adalah pihak ketiga.

Aneka Bisnis

Populer

Menjadi Teman Saya

 
Powered by Blogger.com | 2008 Copyright Pemuda Buddhist Indonesia All Reserved Cah Semarang Weblog | E-mail: ari.complex@yahoo.co.id